kebiasaan ini ternyata juga bisa mengganggu kesehatan. Berbahaya apabila seseorang sudah menderita Obstructive Sleep Apnea/Hypopnea Syndrome (OSAHS) karena dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Tapi jangan khawatir Seperti halnya pada Penyebab Gejala dan Pengobatan Diabetes karena ada sejumlah langkah sehat dan mudah yang dapat dilakukan untuk mengurangi dengkuran ini. Caranya terbagi menjadi dua, yakni nonbedah dan bedah. Di bawah ini yang termasuk non-bedah adalah:

1. Perubahan Tingkah Laku, healthy lifestyle
Yang dimaksud dengan perubahan tingkah laku adalah perubahan gaya hidup. Hal ini gampang-gampang susah untuk dilakukan seperti sebuah blog yang terindek google. healthy lifestyle yang patut Anda coba diantaranya :

• Menurunkan berat badan
Apabila berat badan Anda naik, lalu menjadi mendengkur saat tidur, maka solusi termudah adalah mengurangi berat badan dua hingga lima kilogram.

• Hindari alkohol, makan berlebihan atau snack alias makanan ringan empat jam sebelum tidur
Alkohol dapat meningkatkan relaksasi dari otot palatum (langit-langit mulut), lidah, leher, dan faring. Semakin otot ini berelaksasi, maka jalan napas akan semakin kolaps atau mengecil dan getaran dari jaringan akan semakin hebat. Hal ini akan meningkatkan dengkuran.

• Hindari obat penenang (dampaknya sama dengan alkohol bagi kesehatan Anda)
Berhenti merokok
• Posisi tidur miring lebih baik daripada telentang

2. Menggunakan Dental Devices
Alat yang digunakan di rongga mulut ini menarik rahang bawah dan lidah bersamaan sehingga mencegah lidah tidak jatuh ke belakang. Alat ini dapat mengurangi dengkuran 70 hingga 90 persen kasus. Namun alat ini harus digunakan setiap malam dan dapat mengakibatkan gangguan temporomandibular joint (TMJ), produksi saliva berlebih, juga harganya yang cukup mahal. Dental devices direkomendasikan pada mereka yang mendengkur primer atau OSAHS ringan.

3. Nasal Devices
Alat ini digunakan pada mendengkur yang disebabkan lubang hidung sempit. Apabila mukosa hidung membengkak karena alergi atau infeksi, semprotan atau irigasi hidung dapat membantu meredakan peradangan.

4. Continuous Positive Airway Pressure Hidung
CPAP atau Continuous Positive Airway Pressure adalah alat yang umum digunakan bagi penderita OSAHS. Alat ini bekerja dengan mempertahankan peningkatan tekanan udara. Gunanya mencegah saluran napas menyempit akibat menarik dan mengeluarkan napas. Alat ini menggunakan masker yang disambungkan dengan pompa untuk menjaga tekanan udara.

Tentu saja cara termudah yang dapat dilakukan adalah perubahan tingkah laku alias healthy lifestyle. Namun apabila hal tersebut tidak membantu maka dapat beralih ke langkah-langkah selanjutnya dengan petunjuk dokter. Tindakan bedah akah dipilih bila dengkuran sudah amat parah atau orang tersebut menderita OSAHS

"Namun berita baiknya adalah bukan berarti semua masalah mendengkur harus dikhawatirkan. Mendengkur bisa dianggap normal, apabila si pendengkur mengalami henti napas kurang dari lima kali dalam sejam. Yang dianggap berat apabila pendengkur mengalami henti napas lebih dari 30 kali dalam sejam. SEkali lagi masalah ini sering disebut juga dengan obstructive sleep apnea (OSA)," papar dr. Andreas Prasadja, RPSGT, sleep specialist dari RS Mitra Kemayoran Jakarta. Cara yang mudah serta simple adalah dengan :

Jaga Berat Badan : Seperti yang dikatakn sebelumnya yang perlu diperhatikan adalah Pertama, ukur lingkar leher. Apabila lebih dari 43 cm, kemungkinan besar Anda kelebihan berat badan dan hal ini berdampak tentunya bagi kesehatan Anda. "Orang yang kelebihan berat badan berpeluang mengalami gangguan pernapasan saat tidur, termasuk mendengkur," kata Charles Bae, MD., ahli saraf dan pakar tidur dari Cleveland Clinic di Ohio. Hal ini terjadi karena tekanan pada saluran napas meningkat, sehingga laju oksigen kemudian ikut terhambat.

Ubah Posisi Tidur : Sekali lagi saya tekankan kepada Anda Umumnya, orang mendengkur saat tidur terlentang. Pada sebagian orang, mengubah posisi tidur menjadi menyamping, kadang bisa membuatnya tidur tanpa mendengkur.

Periksa diri : Perhatikan kondisi saat bangun pagi Anda. Apabila Anda merasa tak segar kala bangun pagi, segera memeriksakan diri ke sleep specialist. Atau, jika Anda sering kedapatan tidur saat menyetir mobil, bisa jadi Anda mengalami OSA. Inilah penyebab utama, tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Penderita OSA juga terkadang memiliki tekanan darah tinggi dan mengalami disfungsi ereksi.

Nah sekedar saran buwat Anda Jika dengkuran ini berlangsung terus menerus dalam jangka waktu yang lama percaya atau tidak, dari dengkuran saja bisa membuat keharmonisan rumah tangga menjadi berkurang maka pencegahan akan jauh lebih baik daripada mengobati bukan, mari atasi dengkuran sekarang juga dan nikmati healthy lifestyle Anda.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

15 komentar

  1. informasinya sangat detail dan jelas sekali, salam

     
  2. artikel yg menarik
    kalau blue sukanya ngiler nich kalau bobo.....hehehe
    salam hangat dari blue

     
  3. akhatam Says:
  4. Wahh emangg harus hati2 dan dijaga tubuh kita ini... Tx gann buat infonyaa!!

     
  5. tomo Says:
  6. Dengkur biasanya orangnya gendut.kenapa ya

     
  7. uswah Says:
  8. Hihihi orang tidur tidak tahu jikalau dia mendengkur atau tidak

     
  9. siroel Says:
  10. saya ngorok g ya pas tidur????hehe... makasih infonya...

     
  11. "om_rame" Says:
  12. aku mendengkur enggak yah kaLo Lagi tidur?, soaLnya enggak kedengeran sih. hehehehe....
    aku tanya-tanya duLu yah om, semoga aja aku enggak mendengkur.
    terima kasih informasinya, saLam sehat. semoga kita semua seLaLu daLam keadaan sehat.

     
  13. Ega-Priatma Says:
  14. Ada tidak tips untuk menghilangkan nglindur???

     
  15. "om_rame" Says:
  16. datang untuk memberi jawaban, katanya om_rame kaLo tidur suka mendengkur tapi kadang-kadang aja. mungkin kaLo Lagi kecapean aja kaLi yach.
    muLai dari sekarang mengikuti tips di atas ach, biar mendengkurnya enggak suka muncuL Lagi.

     
  17. wahh rumit juga yah atasi dengkur...

     
  18. Rizky2009 Says:
  19. ini yg paling bikin aq sebel, kalau lihat orang tidur mendengkur, kalau pelan sih gpp, tp kl kenceng bikin sebel

     
  20. PIK Remaja Says:
  21. Makasih atas infonya, sangat berguna sekali nich

     
  22. Ibrahim Says:
  23. Wah infonya berguna...thank's

     
  24. Mr.Astroboy Says:
  25. Artikelnya bagus sob.
    Dengkurannya bokap memang mengganggu, untung sekarang udah tau info & cara ngatasinnya.

    kunjungi balik ya bro!

     
  26. Kang Marno Says:
  27. Iya sob saya juga tidur suka ngedengkur katanya, tapi saya mah ngga merasa karena saya mah lagi tidur.

    sob ngomong2 bagaimana caranya membuat iklan tampil dibawah judul setelah diklik read more, dan iklannya sejajar dengan postingan , kalau ada tutornya mohon di kasih tau ya ke shoutbox saya .?

    Terima kasih atas infonya.

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu