Bahaya menghisap dan menghirup asap rokok sudah lumrah diketahui semua orang. Tahukah Anda, ternyata asap rokok yang menempel berbulan-bulan di karpet dan mebel memiliki tingkat bahaya yang lebih buruk?

Seperti halnya pada Rokok Mengandung Darah Babi, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Hugo Destaillats menjelaskan, rokok yang terbakar akan mengeluarkan residu berupa asam nitrat. Kemudian, katanya, saat asap menguap di udara membentuk carcinogenic tobacco-specific nitrosamine (TSNA).

"TSNA masuk dalam kategori karsiogenik atau pemicu terjadinya kanker," tambah Destaillats.

Kebanyakan manusia menghirup residu lantaran zat tersebut ikut menempel pada pada debu, karpet, dan baju. Korban empuk yang paling rentan terhadap karsiogenik adalah perokok pasif, seperti bayi dan anak-anak.

"Meskipun kita membuka jendela dan menyalakan kipas angin agar asapnya tidak menempel di mebel, ternyata tidak terlalu membantu," kata Lara Gundel, rekan Destaillats. "Merokok di ruang terbuka pun bukan solusi, karena TSNA akan menempel dengan nyaman di baju dan kulit kita, serta orang-orang di sekitar kita."

Kedua peneliti itu semakin yakin dengan hipotesanya, setelah menemukan TSNA dengan level tinggi pada supir truk yang kebanyakan adalah perokok berat. Karena, TSNA menempel sangat banyak di ruang kemudi mereka.

Penelitian yang dilakukan di Lawrence Berkeley National Laboratory itu telah dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS). Ini merupakan penelitian pertama yang menganalisa residu rokok pada benda-benda di sekitar asap rokok.

[Prevention Indonesia.com]

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

6 komentar

  1. raja fresh Says:
  2. sharing ilmu tentang kesehatan sangat bermanfaat, manusia tentu harus banyak mengetahuinya agar bisa menikmati hidup ini

     
  3. JIka anda peduli dengan permasalahan seputar rokok, bergabunglah dengan komunitas kami di alamat :

    http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=48574256075

    ditunggu kawan...

     
  4. adris irawan Says:
  5. bagaimana ya supaya bisa menghentikan kebiasaan merokok, soalnya saya perokok parah

     
  6. rizkon a Says:
  7. @ raja fresh: hidup lebih sehat akan jauh lebih baik... amin..
    @ aLamathuR d'huileudjapanist II: keren sobat ane dukunglah pastinya...
    @ adris irawan: berhenti sekarang! buang semua pencetus agar keinginan untuk merokok berkurang, niat yang kuwat untuk berhenti merokok paling tidak karena kita cinta trhadap keluarga dan mempunyai keinginan yang kuat bersama mereka untuk lebih lama lagi :D semoga suksess kawand...

     
  8. bocah Says:
  9. wah sob saya ud gak bisa lagi ngilangin kebiasaan merokok dan berbagai upaya uda sy coba tapi tetap gak bisa,ud melekat kayaknya dlm diri saya... slm kenal bro

     
  10. rizkon a Says:
  11. @ bocah: salam kenal bro hanya ingin berbagi saja bro, tnx udah berkenan mampir ...

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu