Badan yang lesu dan tidak fit bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor kejiwaan dan faktor kelelahan. Jika ditinjau dari sistem metabolisme tubuh, pertukaran zat badan yang tidak sehat, tidak fit dikarenakan keadaan yang tidak seimbang didalam tubuh. 

Energi yang keluar tidak seimbang dengan suplai makanan yang masuk. Juga bisa terjadi jika sistem metabolisme tubuh tidak baik mengakibatkan badan loyo,tidak bergairah. Didalam tubuh ada enzim yaitu zat yang melancarkan proses kimiawi dalam tubuh. Bila kekurangan enzim akan terjadi gangguan pertukaran zat dalam tubuh yang mengakibatkan otot kaku, daya pikir berkurang , dan badan menjadi lemah.

Untuk melancarkan enzim dan pertukaran zat dalam tubuh diperlukan vitamin golongan B, atau vitamin B kompleks. Vitamin B1 sumber enzim untuk memecah zat hidrat arang. Kekurangan vitamin B1 berarti kekurangan enzim yang mengakibatkan asam laktat dan asam piruvat akan tertimbun dalam sel tubuh sehingga membuat badan menjadi loyo. 

Untuk itu diperlukan asupan vitamin B1,B6 untuk kelancaran sistem metabolisme syaraf. Untuk melancarkan metabolisme bahan asam atau protein diperlukan vitamin B12, sedangkan vitamin B1,B12,B6 untuk pembentukan zat besi. Maka dari itu jika badan kita terasa loyo dan tidak bergairah perlu mengkonsumsi vitamin B kompleks.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

15 komentar

  1. akhatam Says:
  2. Wah informasi yang sangat membantu sobat,, ku jga sering lesu nih.. Tx

     
  3. "om_rame" Says:
  4. soLusi karna faktor keLeLahan bs dipahami, tp bagaimana dgn soLusi dari faktor kejiwaan u/ mengatasi keLoyoan seperti di atas?, apakah ckp dgn istirahat & konsumsi vitamin saja?.
    mhn pencerahan.

     
  5. kurang olahraga jg bikin loyo..
    :(

     
  6. tomo Says:
  7. sip kawan.makasih ni sudah diberitahu.Lesu kurang tidur y

     
  8. Ica Says:
  9. Saya juga nih suka lesu juga... kerjaan yang banyak suka bikin malas makan nah itu dia masalahnya... :)
    Sip artikelnya

     
  10. I2 Says:
  11. Setuju banget.. perlua adanya keseimbangan :)
    Makasih sobat untuk artikelnya

     
  12. rizkon a Says:
  13. @ akhatam: terimaksih sobat, smg dapat membantu..
    @ "om_rame": untuk faktor kelelahan sebagai faktor pencetusnya adalah faktor psikologis bisa dengan yg disebutkan diatas dengan penekanan penghilngan dari penyebab faktor psikologis tersebut, misalnya strezz berat kita dapat sejenak melepaskan kepenatan disalurkan kpd hal yg positif semisal saja dengan penyaluran pada HOBi kita ataupun apa yg kita sukai lakukan, mungkin itu tmbhannya sobat tp ingat segala yg berlebihan tidak baik sobat efeknya begitupun juga dengan vitamin..
    Semoga dapat membantu, maaf tidak bermakzd menceramhi apabila ada salah tlg diluruskan...

    @ readhermind-dy: ok keren sobat, ini tambahan satu lagi... tnx yah..
    @ tomo: sama2 sobat...
    @ Ica: ok sobat, kalau bisa sarapan paginya jngn lupa :)
    @ I2: ok keseimbangan mmg perlu sobat, tnx sdh berkenan mampir

     
  14. siroel Says:
  15. vitamin B...oke sob,thx bgt sharenya....

     
  16. Terima kasih informasinya mas sangat bermanfaat bagi para pekerja yang sering mengalami keloyoan,menarik artikelnya slm sukses selalu dan keep posting...:D

     
  17. HAPIA Mesir Says:
  18. makasih infonya kawan...mungkin disertakan makanan2nya juga..jadi lebih praktis milihnya...

     
  19. memang terkadang ketika habis beraktifitas berat. atau cuaca sangat panas saya sering merasakan badan lemah.jadi memang butuh asupan vitamin lebih lagi.

    terima kasih sobat

     
  20. uswah Says:
  21. Jadi jika kurang vitamin B itulah penyebab badan loyo kawan ya.trims kawan

     
  22. mas doyok Says:
  23. kalaun terlalu capek malah gak bisa post deh besoknya
    jgn over aja menurutku
    jaga kondisi

     
  24. sip banget infonya... thanks for sharing.. :)

     
  25. Ary_Putra Says:
  26. Artikel bgs sob...bermanfaat. keep Blogging kawan

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu