Istilah suplemen makanan biasanya merujuk pada suatu produk yang mengandung satu atau lebih nutrien penting, seperti vitamin, mineral, dan protein. Pengertian tersebut diperluas lagi dengan memasukkan produk untuk proses pencernaan. Termasuk di dalamnya berbagai jenis vitamin, mineral, asam amino, herba, dan tumbuh-tumbuhan, suplemen bisa berbentuk makanan, minuman, serbuk, tablet, kapsul, pil, granul pasta, dan sebagainya. Umumnya, Suplemen mengandung bahan aktif yang berasal dari bahan baku alami dalam bentuk ekstrak atau serbuk. Bisa juga dari bahan sintetis atau kimia dalam bentuk konsentrat, selain ada pula yang berbahan semisintetis. Namun, alami atau tidaknya kandungan suplemen agak sulit diketahui secara pasti, kecuali setelah melewati pemeriksaan laboratorium. Penggunaan suplemen ini harus sesuai dengan kebutuhan, tepat, rasional, dan aman. Pahami informasi suplemen, antara lain dengan mengamati komposisi pada kemasan dan brosurnya.

Kandungan suplemen bisa terdiri atas satu atau lebih komponen/zat gizi makanan yang lazimnya berupa zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral. Kalaupun mengandung zat gizi makro seperti kalori, protein dan sejenisnya, pastilah hanya dalam jumlah kecil. Contohnya, suplemen dengan kandungan kalori yang kemudian digolongkan sebagai suplemen berenergi dan biasanya dalam bentuk minuman.

SESUAI DENGAN FUNGSI
Secara garis besar, suplemen dikelompokkan sesuai kegunaannya terhadap organ tubuh ataupun sistemnya. Itulah mengapa, pencantuman klaim suatu suplemen biasanya tergantung pada khasiat yang ingin dicapai. Contohnya, suplemen antioksidan dengan kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan E. Atau suplemen mineral seng, selenium, zat besi dan kalsium untuk mengatur berbagai proses dalam tubuh, pertumbuhan tulang, memecah protein dari makanan, dan sebagainya. Begitu juga suplemen imunologi dengan kandungan protein-protein tertentu, asam amino tertentu, dan imunoglobulin protein. Semakin banyak fungsi yang ingin disasar suatu suplemen, tentu makin beragam pula kandungan bahan aktifnya.

Di pasaran berbagai jenis suplemen berikut ini dijual bebas:

Suplemen untuk memelihara kesehatan kulit, rambut, dan kuku.
Mengandung zat aktif antara lain Aloe vera herba, kolagen, marine protein, vitamin C, vitamin E dan keratin.

Suplemen untuk metabolisme (pembentukan dan penguraian zat organik dalam tubuh, serta memelihara kesehatan fungsi hati)
Mengandung asam alfa lipoat, vitamin C, vitamin B6, natrium, dan sebagainya.

Suplemen untuk kondisi kesehatan tertentu (hamil dan menyusui, sedang sakit, masa penyembuhan, masa pertumbuhan, atau tengah menjalani program diet)

healthy lifestyle, health articles, digging about treatment | sehat-muMengandung vitamin dan mineral, baik tunggal maupun kompleks, ataupun asam amino seperti lisin dan taurin.

Suplemen yang digunakan sebagai nutrisi (memelihara kesehatan tubuh, memperbaiki nafsu makan)
Mengandung komponen bahan makanan sebagai sumber energi dan sumber protein. Bahan aktif yag dijadikan pilihannya antara lain Curcuma xanthorrhiza Rhizoma, DHA, EPA Lutein, royal jelly, taurin, dan lainnya

Suplemen untuk fungsi pernapasan (membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, melegakan pernapasan, meringankan gejala batuk) serta tentunya memperbaiki healthy lifestyle Anda
Mengandung bahan aktif antara lain vitamin C, seng/zinc, mentol, thymus vulgare Herba, Echinacea sp. Herba/Radix/Folium, dan sebagainya.

Suplemen untuk persendian dan tulang (memberi efek pada otot, tulang dan persendian)
Bahan aktifnya antara lain kalsium, vitamin D, magnesium, kreatin, metilsulfonilmetan, Zingiber officionale Rhizoma, dan sejenisnya.

Suplemen untuk jantung dan pembuluh darah (memelihara kesehatan fungsi jantung dan pembuluh darah), Kandungan bahan aktifnya antara lain DHA, EPA (asam eikosapentanoat), Ganoderma lucidum, asam lemak Omega3, minyak ikan, hespiridin, koenzim Q10, dan lainnya.

Suplemen untuk saluran cerna (membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan)
Bahan aktifnya antara lain aloe vera herba, enzim pencernaan (seperti amilase, protease, bromelain), fruktooligosakarida, probiotik, vitamin C, vitamin B1, selenium, zinc/besi dan sebagainya.



Suplemen untuk susunan saraf pusat (berefek terhadap susunan saraf pusat, semisal meringankan gangguan tidur ataupun meredakan gejala sakit kepala)
Kandungan bahan aktifnya antara lain Ginkgo biloba Folium, Panax ginseng Radix, kafein, vitamin B6, vitamin B12, dan lainnya.

Suplemen bagi sistem stamina tubuh, melancarkan ASI, meringankan gejala premenstruasi dan menopause), Mengandung bahan aktif yang bersifat estrogenik ataupun progestogenik antara lain soy isoflavon, zinc, Oleum oenothera Biennis, Vitex agnus castus Fructus Folium, Cimicifuga racemosa Radix, Angelica sinesism Panax ginseng, kafein, dan sebagainya.

ZAT TAMBAHAN

Zat-zat yang ditambahkan biasanya dimaksudkan untuk melindungi zat aktif dari efek negatif berupa kelembapan, cahaya, atau penyebab lainnya agar suplemen bisa tahan lama. Pertimbangan lainnya, menambah elok penampilan atau meningkatkan citarasa supaya lebih enak. Semua zat yang ditambahkan ini seharusnya oleh produsen dicantumkan pada kemasan agar konsumen tahu sebelum mengonsumsi.
  • Zat-zat yang biasa ditambahkan antara lain:
Pemanis
Di antaranya aspartam agar suplemen terasa enak. Suplemen dengan pemanis buatan ini biasanya dicantumkan mengandung fenilalanin. Ada juga pemanis sorbitol namun tidak dianjurkan pemakaiannya pada wanita hamil dan menyusui, serta anak di bawah usia 10 tahun. Begitu juga pemanis buatan asesulfam yang tak boleh dikonsumsi wanita hamil.

Alkohol/etanol
Proses pembuatan suplemen berbentuk cairan minum biasanya menggunakan alkohol. Namun penggunaannya tak boleh lebih dari 5% dan ini harus dicantumkan pada kemasan agar konsumen mengetahuinya.

Campuran zat asam
Yang paling sering digunakan di antaranya asam sitrat, asam tartrat, dan natrium bikarbonat. Umumnya dalam bentuk tablet buih atau efervesen yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan karbon dioksida.

Pewarna
Bisa larut dalam air dan biasanya ditemukan pada suplemen berbentuk larutan atau minuman berenergi.

Aroma pewangi
Biasanya ditambahkan pada suplemen dalam bentuk suspensi oral dengan aroma yang disesuaikan.

Peraturan mengenai Suplemen.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran untuk menjaga kesehatan dan membaiknya pendapatan, maka kebiasaan mengkonsumsi suplemen makanan ini menjadi marak. Suplemen makanan bukanlah obat, tetapi makanan yang dapat dimakan atau diminum, seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan No. 329/MenKes/Per/XII/76, sehingga tidak boleh mencantumkan suatu klaim yang dapat menyembuhkan suatu penyakit tertentu. Yang diperbolehkan adalah klaim fungsi dan klaim kesehatan, seperti dapat memperbaiki kesehatan, menyegarkan tubuh, atau menggantikan zat dalam makanan. Pada label produk suplemen makanan harus dicantumkan hal-hal berikut :

Identitas produk, seperti mengkudu,
Jumlah isi, seperti 15 tablet,
Pernyataan klaim kegunaan, seperti produk tidak diperiksa oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Indonesia, serta tidak ditujukan untuk pencegahan dan penyembuhan suatu penyakit tertentu,.
Cara penggunaan dan dosis pemakaian, seperti dikunyah, atau diminum 2 kali sehari,
Zat aktif yang terkandung,
Nama, tempat pembuatan, distributor, serta alamat.

Undang-undang Konsumen No. 8/Th. 1999 menyatakan bahwa label pada suplemen makanan minimal harus mencantumkan nama produk, daftar bahan yang digunakan, berat bersih atau isi bersih, nama dan alamat produsen atau importir dan tanggal kadaluarsa, serta melarang mencantumkan klaim fungsinya sebagai obat. Klaim yang diperbolehkan untuk dicantumkan ada tiga jenis, yaitu :

Klaim kandungan nutrisi, yaitu klaim yang menunjukkan tingkat nutrisi di dalam suplemen makanan. Misalnya suplemen makanan yang mengandung 200 mg kalsium per penyajian, harus diinformasikan sebagai "tinggi kalsium".
Klaim interaksi terhadap penyakit, yaitu klaim yang menunjukkan hubungan antara kandungan nutrisi dalam suplemen makanan dengan kondisi kesehatan tubuh. Menurut FDA klaim ini harus berdasarkan bukti-bukti ilmiah, atau badan yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan pernyataan seperti itu. Misalkan suplemen makanan yang mengandung banyak kalsiumnya, maka dapat dicantumkan klaim "kalsium dan rendahnya resiko osteoporosis".
Klaim nutrisi penunjang, yaitu klaim yang menunjukkan hubungan kekurangan nutrisi dengan penyakit defisiensi. Misalkan suplemen makanan yang mengandung vitamin C, dapat dicantumkan klaim "vitamin C mencegah scurvy".

Selain ketiga klaim di atas, masih diperbolehkan untuk mencantumkan klaim fungsi struktur, yaitu klaim yang berhubungan dengan fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk efeknya terhadap kebugaran tubuh, seperti "kalsium akan membuat tulang menjadi kuat" atau "antioksidan membantu menjaga keutuhan sel".

Pada akhirnya, suplemen makanan hanyalah sebagai makanan pelengkap, yang tidak dapat menggantikan makanan kita sehari-hari. Zat-zat gizi yang kita butuhkan sehari-hari sebenarnya sudah kita dapatkan dalam makanan kita sehari-hari, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, tempe, tahu, telur dan sebagainya. Dengan healthy lifestyle kita dapat mengkonsumsi makanan bergizi yang berkecukupan, cukup berolahraga dan istirahat, tidak merokok karena terkandung didalamnya Bahaya "Jejak" Asap Rokok atau minum minuman beralkohol, hidup teratur jauh dari suasana stress, tidak terpapar oleh polutan di lingkungan sekitar, maka sebenarnya suplemen makanan tersebut sudah tidak diperlukan lagi. memang health articles ini hanya untuk anjuran saja selebihnya Andalah yang berhak menentukan serta perlu diingat bahwa obat terbaik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh adalah makanan sehat yang masuk ke dalam perut kita. Semoga bermanfaat sobat, dan pastinya pencegahan lebih baik dari pada kita harus mengobati.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

21 komentar

  1. Abdul Hafizh Says:
  2. ooh .. Berarti suplemen itu banyak jenisnya sob ..
    Sob.. tukeran link yuk .. Konfirmasi di blog saya yah .. ^^
    keep share .. *

     
  3. zoft Says:
  4. info suplemennya mantep sob, biar blogger ky kita" tetap sehat walaupun banyak nongkrong depan pc hehe :D

     
  5. siroel Says:
  6. byk macemnya rupanya, kalo mau gemuk konsumsi yg mn sob?

     
  7. akhatam Says:
  8. Wah sangat bagus sekali sobat...
    Memang lebih bagus suplement di banding obat, karena yang jelas Obat lebih keras dan effeknya besar,

     
  9. rizkon a Says:
  10. @ Abdul Hafizh: ok sob :D
    @ zoft: setuju saya dengan Anda sobat ..
    @ siroel: yang alami saja kalau mau genukan dikit sob, konsumsi yg banyak protein olahraga teratur, semoga dapat mebantu sobat...
    @ akhatam: sip sobat...
    terimakasih sudah berkenan mampir disini sobat...

     
  11. terima kasih atas rincian tentang suplemen kawan. sangat menambah pengetahuan.

     
  12. rizkon a Says:
  13. @ Artikel Islami: sama2 sobat, semoga bermanfaat..

     
  14. "om_rame" Says:
  15. harus Lbh hati2 Lg nih dLm memiLih supLemen yg ada dipasaran.

     
  16. rizkon a Says:
  17. hehehhe...
    iya OM, terimaksih OM sudah berkenan mampir disini..

     
  18. Ari Istiadi Says:
  19. wah banyak juga ya macam macam jenis suplemen

    tapi banyak juga yang memalsukan suplemen suplemen

     
  20. pakde sulas Says:
  21. rupanya pakde selama ini salah persepsi tentang suplemen , pakde kira suplemen hanyalah vitamun dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh

     
  22. rizkon a Says:
  23. @ Ari Istiadi: iya sobat, hati2 juga, hanya ingin mengingatkan dan hinbauan saja sobat :D
    @ pakde sulas: pa kabar PAKDE? Alhamdllh, semoga dapat membantu PAKDE...

     
  24. attayaya Says:
  25. jadi...
    kita makan suplemen jika makanan yang biasa atau pola makan tidak mencukupi kebutuhan tubuh,
    gitu ya?

     
  26. rizkon a Says:
  27. @ attayaya: apabila dirasa diperlukan untuk mengimbangi aktifitas Anda yang sangat padat dan karena pola makan serta gaya hidup Anda dapat mengkonsumsi suplemen agar tubuh Anda tetap sehat untuk menjalankan aktifitas, serta perlu diingat jangan berlebihan untuk mengkonsumsinya, semoga dapat membantu...

     
  28. nugros Says:
  29. informasi yang menarik...
    oya dah jadi gabung belom sob? di IDR-CLICKit. di jamin gag rugi. langsung aja ke alamat ini http://www.idr-clickit.com/register.php/fnugros.html

     
  30. idr-clickit Says:
  31. nice info.....

     
  32. Imoel Says:
  33. sipp dan bermanfaat banget potingan ini..

     
  34. Koin Dolar Says:
  35. suplement for helth

     
  36. Syam Oby Says:
  37. oh gitu yah..
    kalo minum epeton wight gain
    itu bisa bikin tambah endut gak kak??
    T,T
    oby kurus banget nih

     
  38. ahmadi amrun Says:
  39. trims ya infonya, semoga bermanfaat

     
  40. met siang

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu