Masturbasi bukan hanya aktivitas sebagian para lajang. Sejumlah pria atau wanita menikah ternyata juga melakukan aktivitas itu. Sehatkah?

Aktivitas ‘melayani’ diri sendiri memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan seperti membantu meningkatkan kualitas tidur, meredam stres, memperbaiki fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi endorfin.

Namun, di balik manfaatnya, masturbasi juga menyimpan efek negatif. Seperti dikutip dari laman Askmen, masturbasi yang tak dilakukan secara moderat bisa menyebabkan jerawat, kemandulan, kebutaan, hingga gangguan mental.

Ada baiknya mengetahui beberapa hal lain mengenai efek negatif masturbasi.
Ejakulasi Dini
Terlalu sering masturbasi menyebabkan ejakulasi dini. Ejakulasi berikutnya juga akan memakan waktu lama. Bagi pria yang masturbasi beberapa kali sebelum berhubungan intim, akan sulit mencapai klimaks.

Sepert halnya dengan Delapan Penyebab Payudara Kendur masalah lain yang akan timbul adalah berkurangnya sensitivitas terhadap sentuhan orang lain, dan lebih akrab dengan sentuhan diri. Terlalu sering melakukannya juga dapat memicu kulit lecet, pembengkakan organ intim karena tidak menggunakan pelumas.

Rasa bersalah
Masturbasi berdampak negatif secara psikologis. Banyak orang merasa malu dan bersalah setelah melakukannya karena terbentur nilai-nilai budaya, agama atau moral.

Tarik menarik antara kesenangan dan menahan diri berdampak pada harga diri, rasa percaya diri dan cinta. Perasaan bersalah dapat memicu efek psikosomatis seperti sakit kepala, sakit punggung, dan sakit kronis.

Masturbasi kronis
Masturbasi kronis mempengaruhi otak dan kimia tubuh akibat kelebihan produksi hormon seks dan neurotransmiter. Meski dampaknya pada setiap orang berbeda, terlalu sering masturbasi dapat memicu gangguan kesehatan seperti kelelahan, nyeri panggul, testis sakit, atau rambut rontok.

Masturbasi berkaitan dengan berkurangnya produksi testosteron dan DHT. Berkurangnya produksi testosteron juga terkait dengan kebiasaan dan gaya hidup seperti konsumsi alkohol, merokok dan berolahraga.

Jika gaya hidup ataupun healthy lifestyle cenderung normal, namun memiliki kebiasaan masturbasi sebaiknya kurangi aktivitas seksual itu untuk mengurangi keluhan. Jika keluhan tak kunjung reda, hubungi dokter untuk pemeriksaan medis.

Masturbasi kompulsif
Masturbasi ini mempengaruhi kehidupan karena sudah menjadi kebiasaan. Sebagian pria yang masturbasi enam kali sehari bisa saja merasa produktif, sementara lainnya merasa sebaliknya.

Masturbasi kompulsif dapat berdampak negatif pada pekerjaan, hubungan dengan pasangan, harga diri, keuangan, dan sosial, jika tidak dapat menyeimbangkan antara kebutuhan pribadi dan hasrat.

Penelitian dari Universitas Nottingham menyatakan bahwa kaum pria yang sering bermasturbasi di usia 20-30 tahun, lebih beresiko terkena kanker prostat.

Para ilmuwan telah melakukan survey terhadap 800 pria, dan ditemukan bahwa 50% dari mereka menderita kanker prostat.

Data yang sama ditemukan pada pria yang sering ‘dibantu’ bermasturbasi oleh wanitanya, tapi tetap lebih banyak pria yang melakukan masturbasi sendiri.

Ironisnya, pria berusia diatas 40 tahun yang sering berhubungan dengan beberapa wanita memiliki kemungkinan lebih kecil terkena kanker prostat.

Sudah jelas kalau masturbasi merupakan kebiasaan buruk yang sebaiknya segera dihentikan, ganti dengan healthy lifestyle lebih baik mencegah daripada mengobati bukan.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

19 komentar

  1. ♥ria♥ Says:
  2. jangan samapi lah melakukan masturbasi, tidak baik

     
  3. jauhi masturbasi..! :D

     
  4. Masturbasi ada batasnya..jika terlalu candu,itu sudah berbahaya..karena akan berdampak negatif seperti yang saudara sebutkan diatas..jika dalam tahap yang tidak berlebihan,masturbasi tidak akan berbahaya..

     
  5. Mcdoans Jack Says:
  6. wah, nice info..

     
  7. Rahad 2 Six Says:
  8. bahaya juga ya masturbasi....

    follow balik dong sob...

     
  9. Blogs4funny Says:
  10. wah bahay nih hehe

     
  11. bisa menyebabkan kemandulan juga ya?

     
  12. rizkon a Says:
  13. @ ♥ria♥: setuju sobat...
    @ Blogger Ceria: apalagi yang sip dah sob..
    @ Blogger Indonesia: ok sobat..
    @ Mcdoans Jack: makasih brther..
    @ Rahad 2 Six: okelah kalo begitu
    @ Blogs4funny: iya sobat..
    @ readhermind-dy: segala yang berlebihan pasti ada dampak negatifnya seperti halnya dengan masturbasi sendiri sist..

     
  14. akhatam Says:
  15. Wah info penting nih.. Tx ya gan....

     
  16. jiman.go Says:
  17. info yang menarik :)

     
  18. Bunglon Blog Says:
  19. waha mantep ne sob pencerahannya..
    hanya bisa mengucapkan terimakaih atas informasinya
    menambah wawasan...
    Sukses Slalu!

     
  20. berita unik Says:
  21. wah info baru nich

     
  22. iswady Says:
  23. sebagian ulama juga melarang hal tersebut

     
  24. rizkon a Says:
  25. @ akhatam: sama2 sobat
    @ jiman.go: semoga berkenan berkunjung kembali
    @ Bunglon Blog: terimaksih sobat, skss juga bwt Anda
    @ berita unik: diUPdte lg
    @ iswady: memang benar sobat

     
  26. Bloggy Says:
  27. kunjungan perdana nih sob, pas liat judul nya saya jadi tertarik mau koment. wiw serem juga yah sob dampak nya...trims deh buat infonya :D

     
  28. rizkon a Says:
  29. @ Bloggy: sama2 sobat...

     
  30. Dhar Says:
  31. Agak-agak gimana gitu nih postingan..

     
  32. rizkon a Says:
  33. @ Dhar: yang agak gimananya dibagian apanya sobat? tolong sebutkan karen ini merupakan edukasi, semoga Anda tidak salah tangkap mengenai hal tersebut

     
  34. shareilmu Says:
  35. wahh zaman skrang ngga heran bro klo bnyak masturbasi, susah bner ngejaga pandangan, banyak2 puasa sm olahraga ja deh biar ngga kecimplung sama hal bginian, hehehe...

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu