payudara | kanker payudara | sehat-mu


Saat perempuan mencapai usia tertentu, payudara-nya akan mengendur. Hal itu wajar karena kelenjar susu mengecil, sehingga ada ruang kosong dalam kulit pembungkus payudara.inilah penting-nya medical information

Kekenduran itu juga bisa diakibatkan perubahan tubuh yang drastis, sehingga lemak dalam payudara berkurang. Sementara kondisi itu tidak disertai mengecilnya kulit pembungkus payudara.

Seorang insinyur pesawat terbang kelahiran Newport, Texas, Amerika Serikat, Ir. N.O. Brantly menyatakan, seperti pesawat terbang, tubuh manusia juga terkena hukum gravitasi. Bagian tubuh itu terutama yang menonjol dan tidak disangga, misalnya oleh otot atau tulang. Tonjolan yang dimaksud adalah payudara.

Pendapat tersebut dibenarkan Dr. Melissa S. Luwia, MHA, dari Yayasan Kanker Indonesia. Karena menonjol dan tidak punya otot, payudara sangat terpengaruh gaya gravitasi. Itu sebabnya, menggantungnya (suspensi) organ ini mesti disangga oleh alat tertentu. Alat itu biasa kita sebut bra, kutang, penyangga payudara, atau BH (breast holder).

Menurut Brantly, BH justru merupakan penyebab terbanyak yang membuat payudara tidak indah. Sayangnya, tidak banyak perempuan yang menyadarinya. Mereka tidak tahu, seperti apa BH yang terbaik untuk menunjang keindahan payudara.

Berikut beberapa faktor penyebab turun dan kendurnya payudara selain hal-hal yang sudah disebut.

1. Melahirkan dan menyusui. Ukuran payudara semakin berkembang seiring dengan usia kehamilan. Membesarnya payudara membuat massanya bertambah. Akibatnya, tarikan ke bawah semakin kuat.

2. Terlalu besar dan terguncang. Mirip dengan kasus ibu menyusui. Massa payudara mempengaruhi tarikan gravitasi. Semakin besar massa, semakin besar juga gaya gravitasinya, apalagi kalau payudara selalu terguncang, khususnya pada para atlet.

3. Tidak ada penyangga. Membiasakan diri tanpa BH akan menyebabkan kendur, apalagi bila ukuran payudara tergolong besar.

4. Kebiasaan buruk. Tidur miring bisa membuat payudara kendur. Ini bisa dijelaskan dengan teori gravitasi bumi. Pada tidur miring, payudara tidak ada yang menyangga sama sekali, kecuali oleh BH. Berbeda dengan tidur telentang, karena payudara disangga oleh tubuh.

5. Penyakit. Penyakit seperti TBC (tuberkulosis) atau kanker bisa mengakibatkan payudara menjadi kecil, kendur, atau turun. Ini karena virus dan sel ganas yang merusak organ tubuh.

6. Kurang gizi. Walau konsumsi makanan bergizi lebih berguna untuk mengencangkan kulit, faktor ini sangat penting. Penyakit seperti TBC atau kanker bisa muncul akibat kurang gizi. Makanan seperti kubis, kacang kedelai, tempe, susu kedelai, dan bawang putih sangat bagus untuk mencegah kanker payudara.

7. Perlakuan kasar. Setiap inci dari tubuh kita harus diperlakukan secara halus, apalagi payudara. Perlakuan kasar seperti meremas-remas terlalu kuat, sangat menentukan keindahan payudara. Juga bila kita menggunakan BH yang membuat payudara tertekan, terjepit, dan lain-lain.

8. Kesalahan memakai BH. BH terlalu kecil, terlalu kencang, atau dibuat dengan bahan tidak bagus, bisa menyebabkan payudara tidak sehat. Akibatnya, payudara menjadi kendur dan turun.

semoga bermanfaat untuk penunjang healthy lifestyle kita.

Sumber: Kompas.com

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

14 komentar

  1. uzie Says:
  2. nice Infooo

     
  3. tiyo avianto Says:
  4. waduh....artikelnya rada-rada...***tiiitt...hehehehe

     
  5. fadiL__ Says:
  6. bagi para suami yg kurang tertarik denagn payudara sang istri, artikel ini dapa dijadikan referensi untuk sang istri nih, hehehehehe !!

    baca jg : fadiL bLog: kegiatan di sekolah

     
  7. EgaBlogSpot Says:
  8. aduh, aku sik cilik (masih kecil), tp gak apa2 sukses sob

     
  9. begono ye sob..tidur miring juga termassuk..ok lah..nice inpo..ntar gw bilangin DOI,biar dia punya pola yang baik untuk menjaga kesegaran bagian itu..IXIXIIX :-)

     
  10. den-adnan Says:
  11. tips untuk tak sampaikan istriku, biar gak terlalu kendor... hehe

     
  12. mimi Says:
  13. nice post follow u follow me back ok...thanks..

     
  14. mimi Says:
  15. nice post follow u follow me back ok...thanks..

     
  16. mimi Says:
  17. nice post follow u follow me back ok...thanks..

     
  18. mimi Says:
  19. nice post follow u follow me back ok...thanks..

     
  20. mimi Says:
  21. nice post follow u follow me back ok...thanks..

     
  22. Djahe Says:
  23. We... keren sob,Lumayan nih sedikit berguna di kemudian hari

     
  24. kolom ponsel Says:
  25. eeem,,, posting yang lumayan grrrrrr...
    Tp sangat bermanfaat kata istriku ha hay.
    Terima kasih infonya

     
  26. Salon Oyah Says:
  27. Makasyih infonya, sob ... mohon izin copy utk artikel aq yaaaa... tengkyuuu and smoga makin sukses...

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu