Kalau Anda makan sate, jangan lupa makan timun setelahnya. Karena ketika kita makan sate sebetulnya ikut juga karbon dari hasil pembakaran arang yang dapat menyebabkan kanker. Kenapa ini harus di bahas? karena untuk menjadikan gaya hidup yang sehat, Untuk itu kita punya obatnya yaitu timun yang disarankan untuk dimakan setelah makan sate. Karena sate mempunyai zat Karsinogen (penyebab kanker) tetapi timun ternyata punya anti Karsinogen. Jadi jangan lupa makan timun setelah makan sate.

Informasi di atas telah lama beredar di dunia maya sejak awal tahun 2000an. Biasanya muncul bersama dengan info mengenai racun udang-vitamin C dan mie instan berlapis lilin. Hinggga saat ini pun masih banyak situs-situs yang mengutipnya. Memang setelah dibaca sekilas seperti terlihat masuk akal, namun bagaimanakah sebenarnya yang terjadi? Mari kita bahas.

  • Sate mengandung zat karsinogenik.
Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa jenis daging tertentu yang dimasak pada suhu yang tinggi dapat memproduksi senyawa baru yang sebelumnya tidak terdapat dalam keadaan mentah. Beberapa dari jenis senyawa ini berpotensi menyebabkan kanker, misalnya heterocyclic amines (HCA) dan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH).

PAH merupakan kelompok senyawa yang terbentuk akibat pembakaran yang tidak sempurna dari zat-zat anorganik (arang, minyak dan gas) serta zat organik seperti tembakau. Dalam daging yang dipanggang, PAH terbentuk saat lemak daging menetes ke atas arang, kemudian menyatu dalam asap dan melekat dalam makanan tersebut. PAH juga dapat terbentuk langsung saat daging yang dipanggang terlalu gosong sehingga teksturnya menjadi seperti arang.

HCA terbentuk ketika asam amino (unsur pembangun utama dari protein) dan kreatin (senyawa yang terdapat di jaringan otot) bereaksi pada suhu tinggi. Ada 4 hal yang berpengaruh terhadap pembentukan HCA, yaitu: jenis makanan, suhu, waktu, dan cara memasak. Daging yang dimasak menghasilkan HCA lebih banyak dari sumber protein lain (telur, susu, tahu dan daging jeroan seperti hati) yang mengandung sedikit HCA atau tidak sama sekali. HCA juga ditemukan dalam jumlah paling besar pada daging yang digoreng dan dipanggang langsung di atas api karena melibatkan suhu yang sangat tinggi. Suhu yang tinggi ini memiliki peranan sangat penting dalam pembentukan HCA. Daging yang dipanggang dalam oven menghasilkan HCA lebih sedikit karena suhu yang digunakannya lebih rendah. Daging yang direbus dalam suhu kurang dari 100oC menghasilkan zat ini lebih sedikit lagi. Selain itu, waktu memasak yang lebih lama juga akan menghasilkan HCA lebih banyak.

Jadi, apakah sate mengandung zat karsinogenik? YA.

  • Timun mengandung zat antikarsinogenik.
Sebagai sayuran, timun mengandung karotenoid, folat serta vitamin C. Dari berbagai penelitian, zat-zat ini terbukti bersifat sebagai antikarsinogenik. Zat-zat lain yang potensial sebagai senyawa antikarsinogenik diantaranya: flavonoid, senyawa fenolat, serat makanan, isotiosianat, dan isoflavon. Zat-zat tersebut terkandung dalam sayuran dan buah-buahan secara umum. Zat-zat tersebut memproteksi tubuh dari kanker dengan beberapa cara antara lain: mengobati cedera oksidatif pada lemak dan DNA, stimulasi perbaikan DNA serta induksi apoptosis.

Jadi, apakah timun mengandung zat yang berpotensi sebagai antikarsinogenik? YA.

  • Makan timun setelah makan sate.
Setelah kita mengetahui bahwa sate mengandung zat penyebab kanker dan timun mengandung zat antikanker, apakah tepat saran untuk makan timun setelah makan sate? Hal tersebut membutuhkan pengamatan yang lebih dalam lagi.

Berbagai penelitian memang menunjukkan hubungan yang positif antara konsumsi sayuran dan buah-buahan dengan penurunan risiko terjadinya kanker. Data yang diperoleh kebanyakan berasal dari penelitian epidemiologis yang mencari hubungan antara banyaknya kejadian kanker dengan konsumsi makanan. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa peningkatan konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Saran untuk mengkonsumsi timun setelah makan sate untuk mengurangi resiko kanker masih perlu dipertanyakan apabila dilihat dari hal berikut:

1. Timun yang diberikan oleh penjual sate biasanya hanya beberapa potongan saja. Meskipun tidak ada data pasti mengenai seberapa banyak timun yang harus dimakan, namun untuk bisa melenyapkan rasa khawatir terkena kanker akibat sate, jumlah tersebut mungkin masih kurang. Dalam hal ini, kita bermain dengan risiko. Secara logika, resiko kanker berbanding terbalik dengan konsumsi timun. Artinya, makin banyak konsumsi timun, risiko kanker akibat sate akan makin sedikit. Selain itu, jumlah sate yang dimakan juga berpengaruh terhadap paparan zat-zat karsinogenik yang akhirnya berpengaruh pula terhadap risiko terkena kanker. Namun tentunya, hal tersebut membutuhkan penelitian yang lebih mendalam lagi.

2. Apabila timun tersebut diberikan dalam bentuk acar/asinan, maka yang mungkin terjadi malah kebalikan dari yang diharapkan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa acar/asinan buah-buahan memiliki hubungan positif dengan risiko terkena kanker, Alih-alih melindungi dari kanker, acar timun malah manambah faktor risiko kanker.

3. Timun hanyalah salah satu dari berbagai jenis sayuran yang mengandung zat antikanker. Masih banyak sayuran lain yang lebih populer dalam menurunkan risiko terkena kanker. Mengapa harus timun?

referensi :

Referensi:
  1. Heterocyclic Amines in Cooked Meats, http://www.cancer.gov/cancertopics/factsheet/Risk/heterocyclic-amines
  2. Polycyclic Aromatic Hydrocarbons (PAHs), Agency for Toxic Substances and Disease Registry, U.S. Department of Health and Human Services, Public Health Service, September 1996.
  3. Are Backyard Barbecues Bad for Your Health?, http://environment.about.com/od/health/a/charcoal_grills.htm
  4. Vegetables, Fruit, and Cancer Prevention: A Review, Kristi A. Steinmetz, PhD, RD; John D. Potter, MD, PhD, Journal of American Dietetic Association; October 1996
  5. Diet that prevents cancer: recommendations from the American Institute for Cancer Research, Muñoz de Chávez M, Chávez A., Int J Cancer Suppl., 1998. (Pubmed Abstract, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/9876487)
  6. Promoting Good Nutritional Habits for Breast Cancer Patients and Survivors, http://www.hopkinsbreastcenter.org/library/diagnosis_treatment/nutrition...
  7. Diet, nutrition and the prevention of cancer, Key TJ, Schatzkin A, Willett WC, Allen NE, Spencer EA, Travis RC., 2004 (Pubmed Abstract, http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14972060)
  8. Cucumbers In-depth nutrient analysis, http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=nutrientprofile&dbid=62
  9. Fruit and Vegetable Intakes and Risk of Colorectal Cancer: Results, http://www.medscape.com/viewarticle/560863_3

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

34 komentar

  1. Iya, Setidaknya dgn makan timun ngurangin khawatir walau sedikit.

     
  2. @ readhermind-dy: memang kita perlu melakukan pencegahan sobat, terimakasih sudah berkenan mampir..

     
  3. wah.. makasih banget atas informasinya. :D

     
  4. narti Says:
  5. makasih informasinya, lengkap banget, moga tiap kali makan sate gak lupa makan timun setelahnya.

     
  6. sda Says:
  7. satenya sih enak, asap dari pembakarannya berbahaya...

     
  8. ibenk Says:
  9. klo mati ketelen tusuk sate ntu baru mitos. top dah buat ni blog :)
    o iya salam kenal saya ibenk anak farmasi 2010... klo ga salah pasti benar tmpt cewek kita kost tah hahaha. just kidding bro, keep post :)

     
  10. Ica Says:
  11. Sip infonya... saya pernah posting tentang ini tapi belum lengkap seperti ini.
    Makasih

     
  12. Rio Says:
  13. apik- apik informasinya......

     
  14. Tihang Says:
  15. Jd bgitu, sip sip sip...

    Tp masalahnya berapa banyak timun yang harus kita konsumsi setelah makan sate tadi ya ?...
    Karena yg saya dengar buah ketimun itu dapat menurunkan tekanan darah, jd terlalu banyak makan timun mungkin kurang baik juga ya...
    Apaka benar bgitu sob ??...
    Trimakasih sebelumnya.

     
  16. wandhe Says:
  17. oh ternyata gtho, tapi wan abis makan sate mending minum, ahahahahhaah
    sekalian follow ah, follow balik yh ka, heheheh
    lam kenal

     
  18. hans Says:
  19. yups
    pernah baca info pasal nih
    hehehe
    thanks again

    thanks visit my blog
    rajin2 visit yer

     
  20. oo begitu, pantes...dimana2 pasti ada mentimun en lalapan disamping menu bakar2 seperti sate, ayam bakar, dll

    aku follow y fren, thank y udah visit my blog^^

     
  21. Bunglon Blog Says:
  22. wah begitu y, tapi seharusnya habis makan sate minum dulu baru dech makan timun hehe...(kiding sob) salam knal, sukses!

     
  23. mantap nih infonya..,

    oh ternyata penjual sate di Indonesia pintar-pintar yah..,
    soalny setiap saya makan sate.., pasti ada acar timun yg disediakan..,

    mungkin sering baca buku tentang kesehatan nih penjual sate kita..,

     
  24. terima kasih atas ilmunya sobat. alhmdllh dapat ilmu disini

     
  25. HAPIA Mesir Says:
  26. thank u banyak ilmunya kembaranku.. hehehe. tentang kesehatannya..tapi makan satenya ntr kalo pulang keindo..

     
  27. @ danuakbar.com: sama2 sobat..
    @ narti: iya sobat..
    @ sda: benar sekali sobat, sangat mengganggu bwt pencemaran udara hehe..
    @ ibenk: halo benk,salam kenal sobat,wahhh mkzdnya paan nch hehehe
    @ Ica: sama2 sobat
    @ Rio:tnx gan rio
    @ Tihang: apapun yg berlebihan kurang baik sobat

     
  28. Anton Says:
  29. Good artikel, terima kasih sobat, ini artikel yang bermamfaat untuk kesehatan, karena saya sering makan sate.

     
  30. berita bola Says:
  31. kebetulan aku juga sangat suka timun sob, tapi aku makan timun engk musti habis makan sate

     
  32. karlz Says:
  33. setahu q bukan timun.. tp bawang merah.. makanya klo kt beli sate pasti ada bawang merah-nya.. Sukses slalu bro ;D

     
  34. bang salom Says:
  35. klo teman aku malah suka main sama timun sob, piye nek kui

     
  36. Memang perlu itu untuk kesehatan kita, karena sate bayak kolestrolnya

     
  37. Kang marno Says:
  38. Bagus sob , info yang menarik untuk menjaga agar tubuh kita selalu dalam keadaan fit dan sehat. oke thanks

     
  39. Pepi Says:
  40. Makan sate terakhir idul Adha kemaren.... Nggak pake Timun tapi Pake kecap manis pedas.... Wenaggg

     
  41. pakde sulas Says:
  42. wah pakde salah sangka nih, pakde kira kalau kita makan timun setelah makan sate biar tidak kena darah tinggi eh ternyata ..... itu to jawabannya.

    cuman pakde masih penasaran dengan seberapa banyak seharusnya kita makan timun itu ya

     
  43. Butik Bella Says:
  44. Selamat pagi.. Barusan selesai baca2 artikel tentang arti keberadaan timun. Selama ini saya kurang suka timun.. Tapi setelah baca artikel ini.. Mulai sekarang saya akan belajar menyukainya..hehhee..
    Dan bila berkenan silahkan ambil award yah di blog aku.. Terima kasih untuk info yg selalu mendidik.. Have a great day :)

     
  45. ukhra Says:
  46. thx infonya sob :)
    jrg ni ane mkn timun abis mkn sate :(

     
  47. @ all my bst frnds: terimaksih banyak atas apresiasinya smg kita dapat jalin terus tali silaturahim kita...

     
  48. safrudin Says:
  49. Wah gimana yach??saya suka sate tapi kurang suka sama timun

     
  50. aryanto aj Says:
  51. habis makan sate baru makan timun sebuah dirumah....yang saya pernah dengar kalau makan sate kambing akan menimbulkan tensi darah dan timun mempunyai sifat menurunkan tensi yang tinggi dan itu sering saya alami....bila terasa pusing karena tensi naik maka saya akan makan timun....thanks...

     
  52. defchania Says:
  53. apakah semua sate mengandung zat karsinogen?

     
  54. tapi katanya timun gak cocok buat makanan yang mengandung minyak :)

     
  55. ushmrkstv Says:
  56. wah terima kasih banyakbanyak! saya sedang bikin paper tentang bahasan yang sama. sangat membantu sekali. terima kasih ya.

     
  57. awannn Says:
  58. keren infonya, makasih ya.. saya jadi terinsfirasi untuk mepelajarinya lebih dalam

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu