pernikahan|sehat-mu


Jakarta, Impian menikah muda, punya pendamping, anak, rumah dan menggapai bahagia di masa muda rasanya memang menyenangkan bagi beberapa perempuan. Tapi hati-hati, kawin muda terutama di bawah 17 tahun justru berisiko kena kanker serviks.

Kanker serviks (leher rahim) merupakan kanker terbanyak pada perempuan Indonesia selain kanker payudara. Setiap harinya diperkirakan ada 20 perempuan meninggal dunia karena kanker ini.

"Salah satu penyebab kanker serviks adalah kawin di usia muda, terutama di bawah 17 tahun. Semakin muda usia pertama kali berhubungan seks, semakin besar risiko daerah reproduksi terkontaminasi virus,"

kata Dr dr Laila Nuranna, SpOG(K) dalam acara Women's Health Expo di Puri Agung Sahid Jaya Hotel, Sabtu (6/2/2010).

Fenomena nikah muda banyak terjadi di kampung-kampung atau daerah pedesaan, tapi saat ini tidak sedikit juga orang kota yang melakukan nikah muda.

Selain menikah muda, dr Laila juga menyebutkan faktor lain penyebab kanker serviks diantaranya wanita yang berusia 30-50 tahun, infeksi pada kelamin, banyak berhubungan seksual, merokok, kurang vitamin A/C/E.

Menurut dr Laila, kanker serviks tidak akan muncul begitu saja, tapi butuh waktu 3-17 tahun untuk menjadi kanker, gejala awalnya pun tidak akan terlihat.

"Pada tahap awal penyakit ini tidak menimbulkan keluhan atau gejala klinis. Tapi pada stadium lanjut gejalanya adalah keputihan yang berbau dan bercampur darah, pendarahan di luar haid, pendarahan setelah senggama, nyeri panggul atau tidak dapat buang air kecil,"
jelas dr Laila.


Jika kanker serviks ditemukan pada tahap prakanker, maka peluang untuk sembuh sangat besar, untuk itulah pentingnya pemeriksaan.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan tes pap smear, IVA, kolposkopi atau tes HPV-DNA. Saat ini juga sudah ada vaksin untuk mencegah infeksi HPV onkogenik 16 dan 18 yang diperkirakan menjadi penyebab 70 persen kasus kanker serviks di dunia.

Vaksinasi telah direkomendasikan oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan HOGI (Himpunan Onkologi Genekologi Indonesia) untuk dapat mulai diberikan pada remaja putri mulai usia 10 tahun.

Jadi jangan menunggu lagi, segera lakukan deteksi dini. "Vaksinasi dengan deteksi dini bersama-sama dapat mengurangi kejadian kanker serviks secara efektif," ujar dr Laila.

Sumber: Detik.com

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

6 komentar

  1. akhatam Says:
  2. O begitu ya... Lumayan berbahay juga yah.. Tx infonya sob!!

     
  3. makasih atas infonya bos

     
  4. Eri Subakti Says:
  5. wah bahaya banget ya...

    untung ja Qw g termasuk yang usia muda, wah kebanyakan org" desa tuh yang nikah usia muda....bukannya mau mendeskriditkan orang desa tp kenytaan gt kan...

    hehehehe...

    thx inphonya sob..

     
  6. HAPIA Mesir Says:
  7. sob.. sebenarnya bukan masalah umur.. tapi karena belum siapnya utk berhubungan.. karena memang rata2 umur dibawah 17 tahun blm matang.. akan tetapi dari pada berbahaya lebih baik di hindari..

     
  8. jika di hubungkan dengan pernikahan Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam- dengan 'aisyah bukan karena umur sob.. walau pun umur masih muda.. tapi jika sudah matang dan siap.. maka itu insyallh tidak ada efek sampingnya

     
  9. @Akhatam: sangat berpengaruh sobat pada kondisi kejiwaan juga...
    @Digital Think: sama - sama sobat..
    @Eri Subakti: memang benar sobat, mungkin sosialisasinya perlu di gencarkan lagi sobat dan yg paling penting mungkin kesadaran mereka akan pendidikan juga sangat berpengaruh juga sobat..

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu