Amsterdam-Takut ketinggalan informasi dan khawatir dikucilkan, membuat remaja jadi sakit. Infobesitas, kebanyakan informasi menjadikan remaja stress.

Bukan kelebihan lemak di badan, atau nama klub sepakbola Turki, Besiktas, tapi sebuah penyakit jenis baru. Bisa dibilang juga trend baru. Keluhan dari orang yang dihinggapi kelebihan informasi dan takut ketinggalan berita ini: badan letih, kurang tidur, masalah konsentrasi. Diagnosa dokter menyebutkan bahwa: orang ini takut ketinggalan berita dan takut tidak punya teman.

Penyakit ini muncul sejalan dengan perkembangan teknologi, teristimewa internet. Remaja mencari sendiri luapan informasi yang ditawarkan di internet. Itu terbukti dari tingginya akun di Facebook, Hyves, Twitter dan jaringan pertemanan lainnya yang jumlahnya berjuta-tuja. Remaja banyak menghabiskan waktu di depan monitor internet dan mengirim SMS yang banyak bahkan sampai puluhan sehari. Internet sudah menjadi bagian hidup mereka.

Ditambah lagi dengan ponsel yang dilengkapi sarana internet. Sehingga sudah tidak mungkin lagi lepas dari jaringan internet selama 24 jam. Keinginan untuk terus menerus tersambung dengan internet, membuat remaja jadi stress.

Padahal para ahli menilai bahwa di usia remaja, otak manusia belum tumbuh sempurna, dan masih sangat peka dengan informasi dari luar. Perilaku kecanduan games meningkat, sementara orang-orang dewasa di sekeliling, seperti guru dan orang tua tidak bisa lagi mengawasi.

Ini menimbulkan dampak buruk, yaitu stress info. Si anak menjadi cepat lelah, kurang tidur, dan masalah untuk bisa membagi waktu, serta konsentrasi yang terganggu.rnw

Trend 2010
Istilah infobesitas dicetuskan pertama kali oleh Rosa-Maria Koolhoven 23 tahun dari kota Utrecht. Dia bekerja di sebuah biro pengamat trend remaja di Belanda. Infobesitas, adalah trend tahun 2010.

Sumber: berbagai sumber

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

11 komentar

  1. Parenting Says:
  2. Kasihan mereka. pengin tidak ketinggalan info malah jatuh sakit. T_T

     
  3. ToKonjo Says:
  4. wah bahaya juga nih penyakit. dengan melihat kecenderungan negara kita, bukan tidak mungkin akan menjangkiti manusia2 Indonesia

     
  5. HAPIA Mesir Says:
  6. wah wah wah. penyakit trend 2010 ya sob. bahaya bahaya!!

     
  7. rae_zen Says:
  8. apa lagi dinegara kita lagi tren BB n Iphone. trs penyakit facebook terus menjangkiti...bahaya tu...

     
  9. Ternyata kelebihan informasi bisa bahaya yah, kayak hardisk kelebihan data Pweh

     
  10. Ardiawan.com Says:
  11. asalkan remaja dapat menyaring antara informasi yg berdampak positif dan yg negatif dan tidak terlalu berlebihan, dampaknya akan sangat baik terhdp kecerdasan & kekreatifan remaja

     
  12. @ Parenting: iya sobat T.T
    @ ToKonjo: INDONESIA semoga tidak tertular juga sobat
    @ HAPIA Mesir: iya sobat....
    @

     
  13. ureh Says:
  14. :h: serem tuh gan

     
  15. iya gan periode dengan tingkat kesetresan kemungkinan bisa juga dapat mempengaruinya

     
  16. wah.. ada ada aja neh penyakit baru ini.. tapi memang, untuk masalah informasi saat ini sangatlah penting bagi kita update terbaru tentang info semua hal..

     
  17. rizkon a Says:
  18. @ psikologi dan konseling: memang sobat informasi merupakan hal yang penting pada era tahun 2010 ini

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu