saos/sambal|sehat-mu

Apabila kita perhatikan maka kita akan menyadari bahwa banyak sekali makanan yang dijual di sekitar kita menggunakan saus sambal, saus cabe, saus tomat, kecap, saos ubi, dan lain sebagainya buatan pabrik yang mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lain. Sebenarnya jika kita konsumsi saus tersebut terlalu banyak maka kita akan mendapat resiko tinggi gangguan kesehatan karena terkandung zat-zat yang tidak boleh berlebihan di dalam badan kita.

Beberapa Jenis/Macam Bahaya Gangguan Akibat Kebanyakan Makan Saus/Saos :

1. Penyakit Kanker

Di dalam saos terdapat logam berat pada asam benzoat yang berfungsi sebagai bahan pengawet agar tidak mudah basi/busuk saosnya.

2. Alergi / Iritasi Tenggorokan / Radang Tenggorokan

Seseorang bisa saja kena radang teggorokan akibat makan saos kerena asam benzoat dan kandungan lainnya bisa saja merupakan pemicu alergi atau iritasi pada tenggorokan kita, terlebih pada anak-anak.

3. Memicu Asma Parah

Anak kecil yang punya bakat asma bisa mudah sesak napas karena dipicu oleh zat-zat pada saos. Orang dewasa pun mungkin saja bisa sensitif pada saus.

4. Gangguan Sistem Ekskresi (Sistem Pembuangan)

Organ tubuh manusia bisa dirusak oleh zat-zat pada saus seperti ginjal dan menyebabkan masalah pencernaan lain yang cukup mengganggu.

5. Gangguan Sistem Syaraf

Saos olahan pabrik dan industri rumahan yang mengandung timbal beresiko tinggi menyebabkan gangguan saraf di otak pada orang dewasa dan anak-anak.

Selain hal tersebut di atas pada penyedap makanan baik saus, kecap, micin, dan lain-lain bisa mengandung natrium/sodium (msg/mng) tinggi yang bisa menyebabkan sindrom rumah makan cina (chinese restaurant syndrome), formalin dan boraks yang bisa merusak organ tubuh manusia, dan lain sebagainya.

Sebaiknya batasi pemakaian penyedap makanan sejak sekarang untuk menghindari/mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lain. Lebih baik membuat sendiri saus sambal daripada beli yang mengandung berbagai zat kimia yang kita tidak tahu akibatnya jika kita konsumsi.

Ajarkan dari sekarang mengenai bahaya makan sembarangan agar mereka tidak menyalahkan kita kelak setelah mereka beranjak dewasa. Hindari terlalu banyak mengonsumsi junkfood/makanan sampah seperti ham burger, friend chicken (ayam goreng), kentang goreng (french fries), mie instant, dan lain-lain. Mari jaga kesehatan kita dari sekarang, jangan mau dikerjai makanan yang kita makan.

Sumber: organisasi.org

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

15 komentar

  1. mas bayu Says:
  2. waduh, bahaya juga tuh sob bagus infonya nih makasih banyak ya

     
  3. Dimas Gilang Says:
  4. makasih udah berkunjung.

     
  5. @mas bayu: sama2 sobat..
    @Dimas Gilang: salam kenal sobat..

     
  6. Didik MA Says:
  7. waduh...padahal kalau makan mie ayam... aku sukanya pakai saos banyak lho..akan tetapi karena tahu berbahaya..mulai sekarang saya cegah dech..terima kasih infonya sobat..maju terus

     
  8. wah bukan hanya rokok aja yach yg bikin bahaya tapi saus sambel juga...

    tp klo makan bakso ma mie ayam g pake saus sambel rasanya g enak bgt loh...

     
  9. Didik MA Says:
  10. ONLINE FOR MONEY : bener banget sobat,..tuh kan bumbu pelengkapnya...wkwkw..

     
  11. @Didik MA& Online-Formoney: segala hal yang berlebih pasti efeknya tidak baik sobat,kalau bisa di cegah kenapa harus mengobati sobat..

     
  12. ghielz Says:
  13. nice share, nice info sob .......

     
  14. akhatam Says:
  15. Wah ternyata begitu bahaya ya.. Apa saus dari Pabrik Asli tetep berbahaya sob?Ya dah deh kalo gitu.. Tx infonya sob!!

     
  16. sekali lagi sobat,semua yang berlebih tidak baik ini berlaku juga buat saos ataupun sambal...
    slm kenla semua,semoga berkenn jawabannya....

     
  17. yusron Says:
  18. makasih infonya

     
  19. HAPIA Mesir Says:
  20. wah bahaya juga ya sob?? tapi bagaimana dengan saos dari pabrik2 terkenal tu.. pasti laen jika dibandingin dengan saos2 warung2 pinggir jalan tu sob.. apakah sama???

     
  21. @Hapia Mesir: bahan dasar dari saos pabrikan yg sdh berbrndd/merek di bandingkan dengan saos2 warungan jauh berbeda sobat,mungkin rekomendd yg dari pabrikan yg sdh terjamin halal dan terdaftar DEPKES,dan yg paling penting konsumsi sewajarnya kalau bisa jangan berlebihan sobat...
    semoga dpt mengurangi dampaknya...

     
  22. wah setelah baca artikelnya
    jadi ngeri nih kalo makan saos

     
  23. salam,

    mungkin itu untuk saus yg di jual tukang bakso dan bakmi kali ya sob? bgm kalo yg di sediain di restoran2 sob? apa sama?

    kedaiobat

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu