Terdapat 4 kebiasaan buruk yang bisa membuat tampilan Anda lebih tua dari seharusnya terutama bagi kesehatan Anda, yaitu merokok, minum alkohol, jarang berolahraga, dan terlalu sering mengonsumsi makanan tak sehat. Tidak tanggung-tanggung, kebiasaan tidak sehat ini akan “menguras” jam biologis kita sehingga terlihat 12 tahun lebih tua.

Elisabeth Kvaavik bersama timnya dari University of Oslo melakukan riset selama 20 tahun terhadap 4.886 orang dewasa di Inggris yang berusia 18 sampai 44 tahun. Mereka dipilih secara acak yang kemudian diminta untuk mengisi survei mengenai pola konsumsi, intensitas olahraga, hingga tingkat stres.

Setelah 20 tahun, Kvaavik dan timnya, mengunjungi kantor penerbit akta kematian. Dan kebanyakan orang yang tak menjalani hidup sehat meninggal karena gangguan pembuluh darah, serangan jantung, hingga kanker.

Detailnya, ada sebanyak 314 responden yang tidak menjalani hidup sehat dan 91 diantaranya meninggal saat pengamatan tengah dilakukan. Sedangkan diantara 387 orang yang benar-benar menjalani healthy lifestyle yang bagus hanya 32 orang yang meninggal dan jumlah ini jika dipresentasikan hanya 8 persen dari responden.

Kvaavik menjelaskan, klasifikasi responden yang hidup sehat adalah yang tidak merokok sama sekali, berolahraga minimal 2 jam setiap minggunya, dan mengonsumsi buah serta sayur sebanyak 3 porsi setiap harinya. Sedangkan yang masuk dalam kategori tak sehat adalah yang merokok, berolahraga kurang dari 2 jam setiap minggunya, tak selalu mengonsumsi buah dan sayur, serta mengonsumsi alkohol 5 gelas dalam 1 minggu untuk yang pria dan 2 gelas untuk wanita.

Tiga kombinasi kebiasaan tidak sehat itu, tak hanya membuat mereka mengalami peningkatan risiko kematian lebih cepat tapi juga tampilan fisiknya 12 tahun lebih tua dari kelompok yang menerapkan kebiasaan sehat. Hal ini juga terlihat pada penelitian yang dilakukan di University of North Carolina yang menyimpulkan healthy lifestyle membuat kualitas hidup lebih baik, sehingga orang yang menjalani terlihat sehat bugar dan segar.

Itu mengapa Kvaavik mengajak kita untuk lebih menikmati hidup dengan memilih menerapkan kebiasaan sehat. “Cukup jadikan kebiasaan sehat sebagai sebuah kesadaran, sehingga kita akan menjadikannya rutinitas harian.”

healthy lifestyle | health articles | medical information | sehat-muKvaavik pun memberikan contoh sederhana, satu wortel, apel, dan segelas jus jeruk tanpa gula sudah sama dengan 3 porsi buah dan sayur yang dilakukan para respoden dalam penelitian. “Yang pasti jadikanlah kesimpulan penelitian ini sebagai motivasi untuk menjalani hidup sehat, bukan sebagai aturan yang kaku.” Seperti durasi olahraga yang harus kita lakukan, sangat tergantung pada usia dan level aktivitas kita. Acuan umumnya adalah 2,5 jam per minggu, sudah dapat membebaskan otot-otot kita dari ketegangan. “Sadari dan lakukan, rasanya ini akan menjadi panduan kita untuk memberikan yang terbaik bagi tubuh kita sendiri,” Kvaavik menyemangati.

Buwat Anda Ikutilah tips berikut ini untuk healthy lifestyle dan memiliki kualitas hidup yang baik, jalani hidup sehat mulai sekarang. Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Karena itu, jadikanlah healthy lifestyle optimal sebagai kebiasaan Anda sehari-hari. Bagaimana Caranya ! Ikuti tips berikut ini :
  Cukupilah Kebutuhan Gizi Anda
  Hindarilah LemaK Berbahaya
Janganlah pernah Lupa Sarapan
✔  Makan Sayur dan Buah yang cukup
✔  Minum Air Minimal 8 Gelas Sehari
✔  Pertahankan Berat Badan yang Ideal
✔  Olah raga yang teratur
✔  Cukup Istirahat
✔  Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol
✔  Selalu Berpikir Positif
✔  Luangkanlah Waktu Untuk Diri Sendirihealthy lifestyle | health articles | medical information | sehat-mu
✔  Perhatikanlah Kebersihan
✔  Periksakanlah Kesehatan Anda Secara Teratur
✔  Untuk Sumber Makanan, Minuman dan Suplemen pilihlah Bahan Alami
✔  Mengkonsumsi Suplemen Sesuai Kondisi dan Kebutuhan Tubuh.

Semoga dapat bermanfaat serta dapat membantu untuk meningkatkan healthy lifestyle Anda.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

13 komentar

  1. untuk kurang olah raga iya..saya masih kurang olah raga. salah satu penyebabnya adalah cuaca n musim. karena saya alergi dingin. jadi ditempat tinggal sekarang kalo musim dingin g bisa olah raga.

    terima kasih atas ilmunya kawan.

     
  2. Anton Says:
  3. Betul itu sobat, Kesehatan adalah investasi yang sangat berharga.

     
  4. Unknown Says:
  5. mantep sogd artikelnya...thx tipsnya....

     
  6. Hindarilah Rokok dan Minuman Beralkohol

    klo miinuman alkohol saya anti sama minuman tersebut..
    tapi mas klo rokok saya belum bisa stop..
    masih tahap mengurangi :D

    nice tips mas :)

     
  7. akhatam Says:
  8. Info Penttinggg nihhhhhh.... Tx gan... akan saya usahakan tuk tipsnya...!!!

     
  9. untuk poin makan sayur.. kayaknya susah..
    coz aku gak suka sayur..

     
  10. rifweb Says:
  11. ini dia salah satu tips yang sangat berharga untuk para blogger indonesia. Terimakasih Mas Atas Infonya dan ditunggu koment balik-nya ya,,,

    Salam Kenala dari rifweb.

     
  12. Om Rame Says:
  13. seteLah membaca info ini, semoga kita semua akan Lebih sehat Lagi dan tetap bugar dLm kondisi yg penampiLan yg Lbh menarik

     
  14. Wach terima kasih mas tipsnya dan sangat bermanfaat,tapi klo soal rokok nich juga msh dlm tahap pengurangan mas adakah tips untuk memberhentikan itu...:-(

     
  15. infonya bagus mas!
    makasih udah sharing ya.
    salam kenal 0_0

     
  16. achmad taher Says:
  17. bbrp hari ini aq sering bgdg, rokok dan kopy dah biasa nemenin blogging, skrg kplku tuju keliling...apa yah obatnya? oh iya thank's infonya!

     
  18. jarang olahraga.. gawat..
    :(

     
  19. Blogger Says:
  20. hmmm setuju kesehatan adalah sebuah aset yg tak dapat dinilai harganya...harus pinter2 menjaga
    terimakasih sharingnya cocok buat saya yg pasang surut memperhatikan kesehatan
    Sukses Slalu!

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu