Hampir di setiap kamar tidur tersedia penyejuk udara atau kipas angin agar udara lebih nyaman dan segar, Namun, benarkah tidur memakai kipas ataupun AC bisa membuat anak menderita paru-paru basah?

Menurut penjelasan dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, SpA, sebenarnya tidak ada istilah medis untuk penyakit paru-paru basah. "Ini sebenarnya adalah penyakit pneumonia atau radang paru-paru. Namun, penyebabnya juga bukan karena tidur dengan kipas atau AC," papar dokter yang akrab disapa dr Tiwi ini.

Pneumonia merupakan penyakit radang paru-paru dan bisa menyerang siapa saja, dari bayi sampai usia lanjut. Bila pertahanan tubuh sedang rendah, bakteri penyebab pneumonia bisa memperbanyak diri dan menyebabkan penyakit.

Seperti halnya Antara Bayi Anda dan Tontonan TV Gejala utama pneumonia adalah batuk disertai napas cepat dan sesak napas. Anak dengan kondisi tersebut perlu segera dibawa ke dokter.

Untuk mencegah pneumonia, daya tahan tubuh anak perlu dikuatkan. Bila kondisi tubuh anak terpelihara dengan asupan gizi yang seimbang dan lingkungan bersih, anak akan terhindar dari penyakit ini.

healthy lifestyle, health articles, digging about treatment | sehat-mu "Boleh saja tidur dengan kipas angin atau AC, tapi sebaiknya jangan langsung diarahkan ke badan anak," saran dr Tiwi. Balita juga perlu mengganti pakaian secara berkala, terutama jika basah oleh keringat dan tidur di ruangan yang dingin.
  • Tips Pencegahan.
Penanggulangan penyakit Pnemonia menjadi fokus kegiatan program P2ISPA (Pemberantasan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Program ini mengupayakan agar istilah pneumonia lebih dikenal masyarakat, sehingga memudahkan kegiatan penyuluhan dan penyebaran informasi tentang penanggulangannya. Program P2ISPA mengklasifikasikan penderita kedalam 2 kelompok usia. Yaitu, usia dibawah 2 bulan (Pnemonia Berat dan Bukan Pnemonia) dan usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun.

Klasifikasi Bukan-pnemonia mencakup kelompok balita penderita batuk yang tidak menunjukkan gejala peningkatan frekuensi nafas dan tidak menunjukkan adanya penarikan dinding dada bagian bawah ke dalam. Penyakit ISPA diluar pneumonia ini antara lain batuk-pilek biasa, pharyngitis, tonsilitis dan otitis. Ungkapan klasik bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati” benar-benar relevan dengan penyakit pneumonia ini. Mengingat pengobatannya yang semakin sulit, terutama terkait dengan meningkatkan resistensi bakteri pneumokokus, maka tindakan pencegahan sangatlah dianjurkan.

Pencegahan penyakit IPD, termasuk pneumonia, dapat dilakukan dengan cara vaksinasi pneumokokus atau sering juga disebut sebagai vaksin IPD. Menurut Atilla yang juga bertugas di klinik khusus tumbuh kembang anak RSAB Harapan kita, peluang mencegah Pneumonia dengan vaksin IPD adalah sekitar 80-90%.

Adapun mengenai waktu ideal pemberian vaksin IPD, menurut penjelasan Atilla adalah sebanyak 4 kali, yakni pada saat bayi berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan dan diulang lagi pada usia 12 bulan. Atilla menguatkan bahwa vaksin itu aman dan dapat diberikan bersamaan dengan vaksin lain seperti Hib, MMR maupun Hepatitis B.

Selain imunisasi, pencegahan pneumonia menurut Bambang adalah dengan menjaga keseimbangan nutrisi anak. “Selain itu, upayakan agar anak memiliki daya tahan tubuh yang baik, antara lain dengan cara cukup istirahat juga olahraga,” jelasnya.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

25 komentar

  1. thanks bgt artikelnya. jd gt ya, klo pake kipas, lbh baik jgn diarahin lgsung ke anak^^

     
  2. Abdul Hafizh Says:
  3. wah,, jadi klau saya kepanasan sob ?? harus hati2 nih kayaknya pake kipas atau AC .. Thx 4 shared sob.

     
  4. Tika Says:
  5. ini yang ciri cirinya, tangan sama tapak kakinya basah gitu ya mas?!?!? :(

     
  6. Nadine Says:
  7. thanks info nya berguna sekali buat saya

     
  8. Woww... aku padahal suka pake kipas angin kalo tidur .. jadi takut nihh :((

     
  9. HAPIA Mesir Says:
  10. kalo paru2 basah dengan tidur di kasur yg langsung kelantai tu apa hubungannya sob??

     
  11. wah dapat ilmu kesehatan lagi. oh begitu hubungannya.

    mengerti hubungan2 dan penyebab2 menjadikan kita lebih waspada. terima kasih kawan atas sharingnya

     
  12. Kalo yang ini belum pernah denger malahan. kalo keseringn tidur di lantai, iya

     
  13. rizkon a Says:
  14. @ Mayyadah Or Maya: ok sobat, di arahkan ke tembok y kalau bisa..
    @ Abdul Hafizh: asal pemakainnya juga jangan berlebihan sobat..
    @ Tika: atut diwaspadai apabila sang buah hati batuk pilek kemudian disertai dengan sesak nafas. Terlebih lagi apabila terlihat terdapat tarikan kedalam pada dinding dada bagian bawah. Maka jika ditemui ciri-ciri ini pada buah hati anda, segera rujuk ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
    @ Nadine: sama2 sobat semoga dapat mebantu..
    @ Achmad Zulfikar: asal jangan diarahkan langsung sobat..
    @ HAPIA Mesir: Sebagai daerah tropis, Indonesia memiliki potensi daerah endemis beberapa penyakit infeksi yang setiap saat dapat menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Pengaruh geografis dapat mendorong terjadinya peningkatan kaus maupun kemaian penderita akibat ISPA. Dengan demikian pendekatan dalam pemberantasan ISPA perlu dilakukan dengan mengatasi semua faktor risiko dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.salah satunya adalah hal tersebut di lapisi alas saja sobat untuk pencegahannya.. :D
    @ Artikel Islami: sama2 sobat semoga dapat membantu..
    @ sasuke_stereobk: terimaksih sobat sudah berkenan berkunjung semoga dapat menambah wawasan baru bagi Anda.. sukses selalu juga bwt Anda..

     
  15. NURA Says:
  16. salam sobat
    tambah pengetahuan nich,,
    saya dulutahunya paru-paru bash yg gejalanya saja.
    trims sharingnya

     
  17. Wildan Says:
  18. wowww. . .
    gara" kipas angin isa uat paru" basah ?
    aq tiap hari kipas angin. wkwkwkw

     
  19. akhatam Says:
  20. Wah aku juga pernah dengar nih kalo memang tidak baik pakai kipas terlalu keseringan dan pas sama Badan, gak hanya bayi tapi orang dewasa pun juga bisa kena.. mantap gan infonya!

     
  21. narti Says:
  22. makasih infonya, iya memang tidak sebaiknya terkena langsung ke badan kita.
    tapi koq ada hubungannya sama Pneumonia? harus waspada nih....

     
  23. waktu baca postingan ini, aq jadi teringat temen lama waktu aq kuliah dulu, dia, istri dan anak ke-2nya terserang penyakit ini. hanya tinggal temenku aja sekarang yg masih hidup dan badannya kurus banget. istri dan anak ke-2nya telah meninggal terlebih dahulu. ya semoga aja dia sgr diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Amin........

     
  24. darahbiroe Says:
  25. wah ngeri juga yaw
    gak mau kipas2an ahhh hehehe
    :d

     
  26. antok Says:
  27. wahhh
    padahal lagi pingin ganti kipas yang guede biar wuzz wuz
    hahhaha

     
  28. defchania Says:
  29. kunjungan balik sob..
    terima kasih infonya sob..

     
  30. sepwawan Says:
  31. Wah baru tahu saya, makasih mas info nya sekarangmah kipasnya mo dijauhkan ma anak.

     
  32. sepwawan Says:
  33. Wah baru tahu saya, makasih mas info nya sekarang jadi tau kipasnya mo dijauhkan ma anak.

     
  34. terimakasih tuk semua artikel kesehatan yg bermanfaat diblog ini

     
  35. asmanu Says:
  36. wah baru jelas nih sekarang , jadi penyebabnya dari bakteri...bukan karena paka AC atau kipas angin ya
    makasih sharingnya sangat bermanfaat...

     
  37. Jadi sebenarnya gak apa-apa ya tidur dengan kipas angin. Tapi memang ada yang tahan dan ada juga yang gak tahan kok dengan kipas angin/ac

     
  38. mmsb Says:
  39. makasih infonya sob

     
  40. thx dah inponya
    sering nich dirumah idur pake kipas
    sip2 bisa jadi masukkan

     
  41. effendi Says:
  42. thank's for infonya,
    Jadii saya kpengen menjauhkan dari kipas angin ni ama keseharian, dan cara yang baik agar tidak kepanasan lagi tu buat rumah didataran tinggi, yang banyak pepohonan/alaminya masih terjaga

     
:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu