Daya pikir merupakan hal yang paling menentukan seseorang apakah dapat melaksanakan kegiatan mereka dengan benar dan hal ini sehatm-mu akan mencoba hubungan antara tekanan darah diastolik dengan kerusakan kognisi yang menyebabkan penurunan daya pikir dan memori.

Para peneliti Amerika yang memeriksa hampir 20 ribu orang berusia 45 tahun menemukan hubungan antara tekanan darah diastolik dengan kerusakan koginisi yang menyebabkan penurunan daya pikir dan memori. Data ini diperkuat dengan kelompok pembanding yang memiliki tekanan diastolik normal.

Studi ini dimotori oleh Dr. Georgios Tsivgoulis, dari University of Alabama di Birmingham dan dipublikasikan dalam jurnal Neurology. Dalam studi bertajuk REGARDS (Reasons for Geographic And Racial Differences in Stroke) ini tidak ditemukan satu peserta pun yang mengalami stroke meski mengalami gejala awal. Sebanyak 1.505 orang (7,6%) mengalami kerusakan kognisi dan sebanyak 9.844 orang (49,6%) mendapat pengobatan untuk tekanan darah tinggi.

Para peneliti menemukan variabel sebesar 7% pada pasien dengan kerusakan kognisi tiap 10 poin dari peningkatan tekanan diastolik. Faktorfaktor yang ikut berperan adalah usia, kebiasaan merokok, aktivitas fisik dan edukasi soal diabetes dan kolesterol. Masih dibutuhkan studi sejenis untuk memperkuat hasil observasi ini.

"Sangat memungkinkan untuk mencegah atau mengobati tekanan darah tinggi yang potensial untuk mencegah kerusakan koginisi. Karena gangguan kognisi merupakan sinyal awal terjadinya demensia," jelas Tsivgoulis.

Studi ini dianggap belum dapat membuktikan secara kuat dugaan antara tekanan darah dengan kerusakan kognisi. Namun terdapat studi lainnya yang menemukan bahwa tekanan darah diastolik yang tinggi melemahkan arteri kecil pada otak. Hal ini berdampak kerusakan pada area kecil di otak akibat kehilangan asupan darah. Studi ini diadakan oleh Lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS).

untuk menjadikan kita terlanjur untuk mengobati kerusakan kognisi tersebut, maka tidak ada salahnya kita mencoba makanan yang dapat meningkatakan daya ingat kita,
seperti tersebut di bawah ini :

  • ikan Salmon
ikan favorit orang jepang ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

  • Telur
nah ini setidaknya jauh lebih terjangkau harganya daripada ikan salmon,,,para ahli menyatakan bahwa bagian kuning telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

  • Selai Kacang
Kacang tanah (peanut) dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

  • Gandum Murni
Otak membutuhkan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

  • Oat
Oat merupakan salah satu jenis sereal paling populer dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. Oat merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng — yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.,,enak dan penuh gizi,,,suka!!!

  • Berry
Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3,,,wihuiiiy,,,,mangstab!!!

  • Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. menurut ahli kacang merah merupakan yang disarankan karena mengadung Asam Omega 3 lebih tinggi dari yang lain....

  • Sayuran warna-warni
Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

  • Susu dan Yoghurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim.Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. yummy!!!!

  • Daging tanpa lemak
Zat besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu untuk tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolag. Daging sapi tanpa lemak adalah salah atu sumber makanan yang mengandung banyak zat ebsi.Dengan hanya mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Daging sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.

maka dari itu mari kita cegah daripada, kita herus mengobati.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. OR You might also like:

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

terimakasih banyak atas partisipasinya sobat..

Tanggapan Anda akan selalu kami hargai. Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan Anda sepengetahuan saya dan sesegera mungkin.
Catatan: Karena disini tempat saling berbagi tolong berikan komentar terbaik serta bijaksana sobat, komentar spam dan berbau sara akan dihapus segera setelah saya review.

٩(͡๏̯͡๏)۶ mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, smg kita dapat mempererat lagi tali persaudaraan dengan saling berbagi, dan penghargaan terbesar dari saya sll untuk Anda.

Satu lagi sahabat, silahkan sematkan ID acount twitter Anda untuk berinteraksi dan mempererat tali silaturahim

Read in another language

Silahkan pilih bahasa :

Random Post | sehat-mu

SMS GRATIS SEPUASNYA! | sehat-mu